Hujan ngapain?

Bismillahirrahmaanirrahiim

Bayangkan kamu sedang berdiri di depan kaca, sambil merapihkan kerah kemeja, lalu membersihkan sedikit debu di celana yang sudah disetrika. *hmmmm, kurang dramatis* Ga lupa kamu juga mengoleskan minyak rambut ke kepala dan mengolesi pakaian dengan sedikit pafrum tropicana. *masih kurang* Lalu dengan gagahnya, kamu berjalan ke halaman rumah. Tentu saja cara berjalan yang sangaaaaat pelan. Tau dong kenapa. Tentunya biar pakaian ga kusut dan rambut tetap berombak aduhai. *kurang dikiit lagi* Sambil memanggul tas dan menentang kunci motor, kamu menarik nafas dalam-dalam dan berguman penuh keyakinan “calon mertua aku datang” *yak cukup :p*

Lalu, bagaikan hujan di siang bolong, hujan pun benar-benar turun di siang bolong. Dadah calon mertuah :p

Si Jali kaget bukan kepalang melihat hujan turun

Okeee, sudahi imajinasinya ya. Jangan sedih. Itu cuma bayangan doang kok :p Semoga nanti pemirsah yang baca tulisan saya ini dimudahkan ketika datang ke mertuah yah.

Nah, respon orang berbeda-beda ketika ada dalam kondisi seperti ini. Patrick misalnya, mungkin dia bakalan malah maen hujan-hujanan. Ada lagi orang yang tipenya ga mau ambil pusing, mungkin dia masuk lagi ke rumah terus nonton tipi. Tapi secara umum, ada empat kelompok orang ketika rencananya “diganggu” oleh hujan: kelompok pengeluh dan doing nothing, kelompok pengeluh dan doing something, kelompok polos dan doing nothing, yang terakhir kelompok polos dan doing something. Sejelek-jelek kelompok adalah kelompok pertama. Jadi kalau permirsah termasuk di kelompok pertama, segera tobat ya.

Nah biar anggota kelompok pertama ini berkurang, mari kita tulis hal apa yang bisa kita lakukan ketika hujan, alih-alih mengeluh dan ga melakukan apa-apa.

Dzikir & Berdoa

Ini yang terpenting. Pemirsah pasti ga akan mau melewatkan pahala yang bisa didapatkan dengan gampang ketika hujan. Dzikir nya pendek kok

للَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

Allahumma soyyiban nafi’an (Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat)

Semoga dengan dzikir ini, kota kita tercinta bisa terhindar dari banjir seperti yang dialami oleh saudara kita di Jakarta.

Daaan jangan lupa berdoa. Kata Rasulullah, doa orang ketika hujan itu tidak akan ditolak. Jadi kesempatan buat yang mau minta jodoh, dilancarkan tesis dan dimudahkan urusan lainnya.

Sedia payung sebelum hujan

Menarik ketika suatu hari saya maen (baca: ngerjain tesis -red) ke kampus dan suasana ketika itu hujan deras. Di gerbang ganesha saya menjumpai ada seorang bapak yang menjual payung. Wow, sense bisnis bapak ini lumayan juga. Kayaknya sih laku. Soalnya ketika saya lewat disana, terlihat beberapa orang (paling ga) terlihat menanyakan harga payung. The point is, ga susah cari tempat buat beli payung. Jadi, beli payung dan niscaya pemirsah akan keluar dari kelompok pertama tadi

Beli jas hujan.

Khusus untuk bikers, beli jas hujan. Harganya murah kok. Terakhir saya beli harganya sekitar 60K kalo ga salah. Saya beli di jalan Cibadak . Disana banyak yang jual jas hujan dengan harga dan model yang bervariasi.

Bawa Handuk kecil dan baju ganti

Biasanya bagi para bikers, walaupun sudah pakai jas hujan tetep aja kebasahan. Atau pemirsah yang pake payung, tapi saking kencengnya angin, baju tetep basah. Nah, dengan handuk kecil dan baju ganti, pemirsah sudah siap dengan kondisi terburuk. Well, kecuali kamu dengan sangat apes nyemplung ke sungai dan baju gantinya juga basah.

Bawa Plastik/Kantong Kresek

Ini gunanya untuk nyimpen barang-barang yang berharga kayak HP, jam tangan, dompet, laptop, cincin buat mahar, laptop, dan tentunya baju ganti.

Pake Jaket Tebal

Selain air, biasanya hujan juga disertai angin yang kenceng. Jadi, siapkan juga jaket yang tebal biar ga masuk angin

Pelajari Medan

Maksudnya, kamu harus tau tempat-tempat mana saja yang bisa kamu singgahi jika hujan turun pas kamu lagi di jalan. Bisa pom bensin, kebon pisang (ps: biar romantis) (pps: khusus yang sudah menikah), atau paling gampang cafe atau restoran. Untuk yang terakhir, kamu bisa pake aplikasi Toresto di HP kamu. Jadi ga bingung nyari cafe/restoran untuk berteduh dikala hujan.

Nah semoga dengan begitu, kamu akan keluar dari kelompok pengeluh tapi ga melakukan apa-apa. Kalau ada tambahan tips, boleh banget lho ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s